Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Jaksel Turut Pulihkan Ekonomi

SUARAMANDO, Jakarta : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif yang berada di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) ikut serta dalam upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan peluang usaha.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga dalam acara “Kelana Ramadhan”, di Balai Sarwono, Joglo at Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022).

“Pelaku ekonomi kreatif harus menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja serta ikut dalam proses tatanan ekonomi baru kita yaitu bagian dari transisi kita menuju endemi,” kata Menparekraf.

Karena dalam upaya pemulihan ekonomi tidak hanya mengandalkan sektor pariwisata saja, namun sektor ekonomi kreatif pun turut ambil bagian. Sebab 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh pelaku ekonomi kreatif (UMKM) dan menggerakkan hampir 65 persen dari ekonomi Indonesia. Sementara, data dari Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia.

Melihat begitu besar potensi ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf pun bergerak cepat menghadirkan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. 

Dengan semangat ramadhan berbagi, Kemenparekraf menghadirkan kegiatan “Kelana Ramadhan” guna menyosialisasikan program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022.

“Kita akan menyentuh lebih dari 35 kota kreatif yang kita dorong untuk mengembangkan salah satu subsektor ekonomi kreatif di kota tersebut. Sehingga harapannya ekonomi kreatif menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita,” kata Sandiaga Uno.

Kemenparekraf kata Sandiaga Uno terus menyiapkan SDM, produk oleh-oleh, ada posko mudik aman dan mudik sehat bekerja sama dengan TNI, Polri dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama libur Ramadhan.

“Kita membuat travel plan untuk memecah Kepadatan lalu lintas menuju destinasi desa wisata yang ada di sepanjang jalur mudik, dan ini bisa menjadi rekreasi mudik untuk membuat mudik berbeda dengan sebelum-sebelumnya,” kata Menteri Sandiaga.

Selain itu, “Kelana Ramadhan” ini menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif untuk bertukar ide atau gagasan menarik agar produk-produk lokalnya bisa naik kelas. 

“Kelana Ramadhan ini menjadi satu harapan, kita bisa lihat antusiasme di Banda Aceh, di Jakarta, dan kita akan bergerak ke Solo, ini seperti safari Ramadhan tetapi ini bentuknya berbagi peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja,” tutur Sandiaga Uno.

Mengingat momentum libur lebaran pada 2022, Menparekraf memprediksi pergerakan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai hingga Rp72 triliun. Maka pelaku ekonomi kreatif khususnya di Jakarta Selatan harus memanfaatkan momen ini dengan optimal.

“Tentunya dengan semangat ramadhan berbagi mereka (pelaku ekraf) tidak hanya berbagi gagasan tapi juga berbagi kiat-kiat berkaitan dengan pemasaran, pendampingan, dan pelatihan. Harapannya kesempatan bulan suci ramadhan ini dapat meningkatkan omzet mereka dengan kualitas yang lebih baik, sehingga kebangkitan ekonomi dapat terwujud,” ujarnya.

Ia mengatakan, Kemenparekraf akan terus bekerja sama dengan Pemda, aparat keamanan, untuk memastikan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga juga memberikan tips mudik aman dan sehat. Pertama yakni istirahat yang cukup, persiapkan dengan baik, kondisi kendaraan prima, pastikan untuk selalu mengikuti anjuran dan hindari jadwal yang sangat padat, kemudian berupayalah untuk menjadi rombongan yang turut membeli produk ekonomi kreatif saat berwisata di obyek wisata.

“Harapannya kita bisa bangkit lebih baik, bangkit bersama dan menata ekonomi baru kita lebih baik. Pandemi mengajarkan kita banyak hal, bagaimana destinasi wisata harus memenuhi CHSE. Produk sentra ekonomi kreatif harus menawarkan produk-produk berkualitas sesuai sub sektor diandalkan. Semoga ini bisa terwujud di bulan Ramadhan ini,” ucap Sandiaga Uno.

Secara khusus, pada tahun ini, Menparekraf Sandiaga berencana merayakan hari raya Idul Fitri dengan tetap berada di Jakarta.

“Tradisi nya karena saya menikah dengan orang Betawi, semua keluarga ada di sini, ayah saya keluarga di Jakarta, ibu saya ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tradisinya setelah shalat Ied, 10 malam terakhir ini untuk sama-sama itikaf,” kata Sandiaga Uno.

Dengan begitu pula, Menparekraf akan memiliki kesempatan untuk memantau tiga destinasi wisata seperti Ragunan, Ancol, dan TMII saat hari H lebaran.

Turut mendampingi Menparekraf dalam acara Kelana Ramadhan, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto.

Sumber : kemenparekraf.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.