Jelang Idulfitri, Mentan Pastikan Stok Pangan Aman

SUARAMANADO, Bandung : Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersedian stok pangan mencukupi jelang hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

“Dinamika harga pasti ada, tapi secara umum dari 12 komoditas itu dari data, validasinya, kemudian faktualisasi di lapangan, semua pejabat ada di lapangan sekarang, dan sesuai apa yang dilaporkan situasinya ada cukup,” ujar Mentan saat membuka Pasar Tani Bazar Ramadan, di halaman parkir Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa (26/04/2022).

Pasar Tani merupakan salah satu gerakan dari pemerintah melalui Kementan untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan 12 komoditas utama selama bulan Ramadan.

“Kami gelar Pasar Tani di 34 provinsi di minggu terakhir Ramadan. Pasar Tani itu bukan operasi pasar, tapi secara rutin Kementan membuat Pasar Tani setiap tahun, setiap bulan Ramadan,” ujar Syahrul.

Pasar Tani bekerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan perusahaan penghasil 12 komoditas pangan utama Indonesia untuk menghadirkan stok pangan mulai dari sayuran, buah segar, daging sapi, daging ayam, beras, minyak, gula, hingga produk olahan lainnya dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Salah satu produk yang dijual adalah minyak goreng kemasan 2 liter seharga Rp30.000 yang menjadi incaran utama pengunjung.

“Saya dengan jajaran Kementan, dengan segala kemampuan atas perintah Presiden, akan melakukan segala upaya untuk bisa berada di tengah-tengah kepentingan masyarakat dan kebutuhan masyarakat,” tandas Syahrul.

Sumber : setkab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.