Bertemu dengan India, Menkeu Jelaskan Agenda Presidensi Indonesia di G20

SUARAMANADO, Jakarta : Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memimpin delegasi Indonesia menghadiri rangkaian Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia Tahun 2022 (IMF-WBG Spring Meetings) di Washington DC, Amerika Serikat. Selama acara tanggal 18 – 23 April akan diselenggarakan pertemuan utama Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional, pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20, pertemuan bilateral dengan mitra internasional, seminar, dialog dan pertemuan dengan pihak swasta.

Salah satu agenda Menkeu yaitu menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan India Nirmala (18/04). Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam mengelola dan menangani anggaran di masing-masing negara, di tengah kondisi perekonomian yang cukup menantang saat ini. Salah satu yang dibahas terkait kenaikan harga bahan bakar.

Selanjutnya, Menkeu juga memberikan penjelasan seputar isu/agenda yang akan dibahas pada forum G20, mengingat India akan memegang Presidensi G20 tahun depan. India juga akan melanjutkan topik-topik pembahasan yang telah diangkat Indonesia saat ini.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Menteri Nirmala Sitharaman berbicara mengenai isu carbon tax dan carbon pricing. Hal ini karena pada dasarnya India sudah menerapkan berbagai jenis pajak terhadap impor bahan bakar fossil fuel baik itu oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Sumber : kemenkeu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.