Atasi Inflasi, Biden Dorong Pabrik-pabrik AS Kembali ke Amerika

SUARAMANADO, United States : Presiden Joe Biden mempunyai solusi yang tampaknya berlawanan dengan saran untuk mengatasi inflasi yang tinggi, yaitu dengan menarik pabrik-pabrik AS agar kembali ke Amerika.

Hal itu menantang alasan selama puluhan tahun bahwa para pengusaha memindahkan pabriknya ke luar negeri untuk menurunkan biaya karena upah pekerja yang lebih murah di sana. Tren alih daya ini menyebabkan hilangnya 6,8 juta pekerja pabrik di AS sejak tahun 2000.

Namun upaya memindahkan pabrik ke luar negeri itu berarti justru menciptakan harga lebih murah bagi konsumen dan menekan inflasi, sehingga pertumbuhan ekonomi yang lebih luas terus berjalan.

Itu adalah pertukaran yang dilakukan dengan nyaman oleh banyak pemimpin perusahaan dan politik secara pribadi.

Kini dengan inflasi berada pada tinggat tertinggi yang belum pernah terjadi selama 40 tahun, Presiden Biden berpendapat bahwa globalisasi memicu harga yang lebih tinggi.

Ia menganggap, para pendukung alih daya (outsourcing) gagal mempertimbangkan biaya gangguan rantai pasokan dunia yang semakin sering terjadi. Gangguan baru-baru ini termasuk pandemi COVID-19, kekurangan barang-barang dasar seperti semikonduktor, badai dan kebakaran hutan yang merusak, dan kini serangan Rusia ke Ukraina, yang membuat harga minyak melonjak.

Sumber : voaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.