Tiba di Arafah, Sekjen Kunta Sapa Jemaah di Poskes Arafah

SUARAMANADO, Makkah : Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha bergerak menuju Arafah dari Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Setibanya di Arafah, Sekjen Kunta langsung meninjau pelayanan kesehatan di Poskes Arafah di Maktab 8, Kamis 7 Juli Pukul 22.50 waktu setempat.
Dalam kunjungannya Sekjen Kunta melihat kondisi semua jemaah haji yang sedang dirawat di Poskes Arafah. Terlihat sebanyak 10 jemaah haji sedang mendapatkan perawatan.
Sekjen Kunta menyapa dan berdialog dengan salah satu pasien yang sedang dirawat.
”Gimana keadaanya? Enak di sini?” Tanya sekjen Kunta kepada salah satu Jemaah.
”Alhamdulillah Pak,” Jawab jemaah.
”Semoga sehat ya,” lanjut sekjen sambil tersenyum.
Selama satu hari beroperasi hingga pukul 23.00 WAS, Poskes Arafah menerima 33 jemaah haji yang di rujuk baik dari Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter maupun dari Pos Kesehatan Satelit.
Dari sejumlah tersebut sebanyak 26 jemaah yang mendapatkan perawatan lebih lanjut di Poskes Arafah. Sementara sebanyak 7 orang dipulangkan ke kloter setelah diobservasi dan menerima pelayanan rawat jalan.
Adapun alur pelayanan kesehatan di Poskes Arafah sebagai berikut: Poskes satelit Arafah merujuk jemaah yang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih lanjut ke Poskes Arafah.
Setibanya di Poskes Arafah, jemaah sakit akan di triase dan di stabilkan kondisinya dan dipilah berdasarkan tingkat kegawatdaruratannya.
Setelah stabil, Selanjutnya jemaah menuju ruang observasi untuk dilakukan pemeriksaan. Dalam tempo kurang dari dua jam jemaah pulih, maka akan dikembalikan ke kloter.
Namun apabila lebih dari dua jam belum ada perubahan lanjut di rawat inap atau di rujuk ke Kantor Kesehatan Haji (KKHI) Makkah.
Sumber : kemkes.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.