Menko Luhut Apresiasi Peran BPKP Jaga Stabilitas Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

SUARAMANADO, Jakarta : Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan menyampaikan apresiasinya kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam mengawasi dan menjaga kestabilan ekonomi nasional. Hal ini selaras dengan visi Indonesia untuk harus mampu memulihkan ekonomi pasca pandemi dan melakukan transformasi ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga mendekati atau lebih dari 6%.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian BPKP dalam dua tahun terakhir. Terima kasih atas kerja sama seluruh aparat pengawas yang terus mengawal anggaran belanja dan proyek strategis pemerintah. Tidak hanya penghematan keuangan negara, peran BPKP sangat besar dalam mengakselerasi proses pemulihan ekonomi dan menjadi bagian dari proses transformasi ekonomi Indonesia,” ungkap Menko Luhut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara “Transformasi Ekonomi Indonesia: Peran Strategis BPKP dalam Mewujudkan Visi Indonesia Maju” di Kantor BPKP, Jakarta pada Rabu, 15 Juni 2022.

Apalagi di tengah tekanan ekonomi dunia, Ia menjelaskan bahwa kinerja ekonomi Indonesia termasuk terbaik di dunia. Pasca pandemi covid-19 ini juga, pemulihan ekonomi berjalan cepat di Indonesia.

“Indonesia saat ini sedang melakukan transformasi ekonomi, tidak lagi mengandalkan komoditas mentah. Hilirisasi industri akan terus berlanjut. Salah satunya, industri baru akan berkembang di Kawasan Industri Kalimantan Utara. Sehingga, pembangunan Indonesia menjadi lebih merata,” lanjut Menko Luhut.

Tidak lupa, Menko Luhut terus menyampaikan terkait peningkatan efisiensi ekonomi melalui digitalisasi. Hal ini menjadi langkah optimalisasi penerimaan negara, efisiensi belanja, namun investasi strategis Pemerintah masih perlu ditingkatkan. Menko Luhut juga menyampaikan peran nyata BPKP dalam kasus minyak goreng curah.

“BPKP berperan nyata dalam E-Katalog dan peningkatan pembelian produk dalam negeri. Hasil investigasi BPKP mampu mengidentifikasi produk-produk impor dalam e-katalog yang dapat diproduksi di lokal. Langkah ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” tambah Menko Luhut.

Menutup sambutannya, Menko Luhut berpesan agar para auditor bekerja dengan jujur dan professional. Ditambah dengan peran BPKP sebagai lembaga penyelamat perekonomian negara sehingga perputaran ekonomi di Indonesia menjadi lebih sesuai dengan penggunaan seharusnya.

“Saya percaya BPKP akan memainkan peran strategis yang lebih besar ke depan demi mewujudkan visi Indonesia Maju. Untuk itu Saya minta seluruh aparat pengawas untuk tetap melanjutkan kinerja bagus di bawah kepemimpinan Pak Ateh. Tetap semangat membangun Indonesia yang lebih baik,” tutup Menko Luhut.

Sumber : maritim.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.