Kursus Bahasa Indonesia Online Mendapatkan Respon Positif dari Peserta Rumania dan Moldova

SUARAMANADO, Rumania – Peningkatan citra Indonesia di Rumania dan Republik Indonesia merupakan salah satu tujuan dari diplomasi sosial dan budaya di masing-masing negara akreditasi. Sejumlah upaya telah dilakukan oleh KBRI Bucharest selama beberapa tahun terakhir, termasuk di antaranya penyelenggaraan kursus bahasa Indonesia di Bucharest bagi para warga negara Rumania dan Moldova.

Sejauh ini, pelaksanaan kursus untuk tingkatan dasar pertama (Basic-1 Level) berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang cukup positif dari para penutur asing dari kedua wilayah akreditasi, Rumania dan Republik Moldova. Di samping meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia, tujuan penyelenggaraan kursus adalah untuk menjaring calon-calon bagi program beasiswa Indonesia, baik dalam program pendidikan S-2/ Master’s degree maupun beasiswa tematik di bidang sosial budaya.

Dalam kaitan tersebut, mempertimbangkan tingginya minat WN Rumania dan Republik Moldova, serta wujud komitmen KBRI Bucharest dalam melaksanakan Nota Kesepahaman tentang Penyelenggaraan Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing di Rumania dan Republik Moldova yang ditandatangani oleh Dubes RI Bucharest dan Rektor Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 27 Agustus 2021, KBRI Bucharest telah mengadakan kursus bahasa Indonesia untuk para WNA yang berada di wilayah akreditasi.​

​Kursus bahasa Indonesia diselenggarakan mulai 19 Februari 2022 sampai dengan 21 Mei 2022 diikuti oleh 21 peserta dan dilaksanakan secara daring (online) selama 10 (sepuluh) pertemuan untuk tingkatan Dasar Pertama (Basic-1 Level). Seperti kursus bahasa Indonesia sebelumnya, Sdri. Angelica Hirono bertindak sebagai tenaga pengajar.

Sebagai tindak lanjut dari kursus yang telah diberikan, KBRI telah menyampaikan informasi terkait dengan pengadaan kursus pada level yang lebih tinggi yang dikoordinir oleh Universitas Airlangga. Dalam hal ini, para peserta pada tingkatan dasar di KBRI Bucharest dapat mendaftarkan secara langsung ke Program Lingua yang setiap tahunnya diadakan oleh Universitas Airlangga tersebut.

Sumber : kemlu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.