Kementerian ATR/BPN dan The Netherland Cadastre Kunjungi Lokasi Puldatan PTSL-PM di Kabupaten Siak

SUARAMANADO, Kab. Siak : Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR) bersama The Netherland Cadastre melanjutkan kunjungan ke Kampung Muara Kelantan, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada Jumat (24/06/2022). Dalam kunjungan ini, The Netherland Cadastre bertemu serta berdiskusi dengan para Pengumpul Data Pertanahan (Puldatan) untuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) – Partisipasi Masyarakat (PM) di Kabupaten Siak.

Senior Advisor The Netherland Cadastre, Rohan Bennett mengungkapkan bahwa ia dan jajaran Kementerian ATR/BPN telah mengunjungi beberapa tempat, mulai dari Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat hingga Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. Untuk melihat secara langsung proses PTSL di lapangan, pada kesempatan ini Rohan Bennet bertemu dengan masyarakat untuk berdiskusi terkait proses pendaftaran tanah. “Hal penting bagi kami di sini adalah bagaimana melihat program bisa berjalan,” jelas Rohan Bennett.

Rohan Bennett mengatakan, pihaknya juga melakukan observasi tentang bagaimana proses yang terjadi antara masyarakat bersama dengan pemerintah dalam melakukan pendaftaran tanah. “Ini merupakan kegiatan yang penting untuk pengakuan hak-hak masyarakat, sehingga dapat tercipta administrasi pertanahan yang lebih baik, stabil bahkan berkelanjutan,” ujarnya.

Senior Advisor The Netherland Cadastre, Eva-Maria Unger juga mengungkapkan, dirinya begitu antusias untuk melihat bagaimana proses pemetaan pertanahan dengan metode partisipatoris atau yang lebih dikenal PTSL–PM. “Empat tahun lalu, saya pernah mengikuti program pendaftaran tanah partisipatoris, Kementerian ATR/BPN juga mulai melakukan inisiasi ini dan sekarang sudah terealisasi,” terangnya.

Tak hanya itu, Eva-Maria Unger juga menunjukkan rasa antusiasmenya terhadap program PTSL-PM yang mendapat dukungan dari semua pihak termasuk kepala daerah setempat. “Seperti di sini mendapat dukungan dari bupati. Ini adalah hal yang dapat kami pelajari dari kalian semua, mulai dari proses bahkan hingga cerita sukses maupun kendala-kendala,” tambahnya.

Bupati Siak, Alfendri yang turut hadir dalam pertemuan ini menyatakan dukungannya terkait percepatan pendaftaran tanah di daerahnya. Hal ini merupakan upaya penyelesaian target pendaftaran tanah yang diharapkan akan selesai pada tahun 2024 mendatang. “Kami siap bermitra dengan Kementerian ATR/BPN. Terlebih kalau kita tahu, Belanda ini sudah semua pendaftaran tanahnya. Semoga kita juga bisa semakin baik dan taat kelola terkait administrasi pertanahan,” tutur Alfendri.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Siak, Budi Satrya menjelaskan bahwa kerja sama Kementerian ATR/BPN dengan The Netherland Cadastre dapat menjadi upaya bersama dalam mencari solusi dan rekomendasi atas kendala-kendala yang dapat terjadi dalam jalannya program PTSL, agar menjadi catatan perbaikan ke depannya. “Seperti di Muara Kelantan ini, target PTSL sebanyak 1.000 bidang dan sudah dilakukan pengukuran data fisik oleh petugas dari Kantah Kabupaten Siak dan pengukuran data yuridis dari para Puldatan. Bahkan tahun ini kami sudah menyerahkan lima bidang secara simbolis,” pungkasnya.

Sumber : atrbpn.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.