Kemenko PMK Gandeng Semua Pemangku Kepentingan Dukung Program Vokasi

SUARAMANADO, Madiun : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meresmikan Gedung Center Of Excellence (COE) dan menyaksikan penandatanganan MoU dengan PT Kubota Indonesia di SMK 3 Muhammadiyah Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu (30/7).

Peresmian gedung dan penandatanganan MoU tersebut dilakukan dalam rangka merevitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi guna menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha-Dunia Industri-Dunia Kerja (DUDIKA).

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, Menko Muhadjir mengatakan bahwa lulusan pendidikan vokasi harus dibekali kompetensi sesuai standar sehingga mampu bekerja ataupun berwirausaha.

“Peran aktif penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi sangat dibutuhkan sehingga kompetensi lulusan vokasi betul-betul siap bekerja atau mampu berwirausaha,” ujarnya.

Perpres Nomor 68 Tahun 2022 ini mengusung semangat gotong royong dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun DUDIKA. Peran serta seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Ia berharap dengan adanya Perpres ini seluruh pemangku kepentingan perlu  berkolaborasi untuk melaksanakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Karena itu, saya mengajak semua pihak agar secara bersama-sama berperan dalam melaksanakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi dalam mendukung implementasi Perpres ini,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK didampingi oleh Bupati Kabupaten Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Presiden Direktur PT Kubota Indonesia Murata Toyokazu, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Madiun Imam Namawi.

Sumber : kemenkopmk.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.