Evaluasi SAKIP Diharapkan Tingkatkan Kualitas SAKIP Kemenko Polhukam

SUARAMANADO, Bogor : Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan melaksanaan Workshop Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas SAKIP Kemenko Polhukam dari tahun ke tahun.

“Inspektorat selaku Tim Evaluator di Kemenko Polhukam mendorong setiap tahunnya kepada Unit Kerja Eselon I untuk meningkatkan kualitas penilaian, sehingga adanya peningkatan kualitas SAKIP itu sendiri,” ujar Plh. Inspektur, Emah Liswahyuni di Bogor, Senin (27/6/2022).

Emah mengatakan, seluruh instansi pemerintah telah diwajibkan untuk menyusun Laporan Kinerja di setiap tahunnya. Hal itu merupakan salah satu wujud penguatan akuntabilitas kinerja yang dilaksanakan dalam reformasi birokrasi.

“Hal ini adalah sesuatu yang sangat penting dan strategis bagi penyelenggaraan suatu negara, karena instansi pemerintah dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya,” kata Emah.

Hasil evaluasi SAKIP, kata Emah, digunakan untuk memperbaikin manajemen kinerja, khususnya kinerja pelayanan publik di instansi secara berkelanjutan sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP. Berdasarkan hasil Evaluasi SAKIP Unit Kerja Eselon I Kemenko Polhukam, secara umum pelaksanaannya telah cukup baik, namun perlu adanya peningkatan akuntabilitas kinerja, mulai dari perencanaan, pelaporan, evaluasi, beserta output dan outcome nya.

“Kami berharap dari kegiatan Evaluasi SAKIP ini, baik di internal maupun eksternal, dapat meningkatkan kualitas SAKIP Kemenko Polhukam menjadi semakin baik dari tahun ke tahunnya,” kata Emah.

Sumber : polkam.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.