Biden dan Xi akan Berbicara Secara Virtual pada Akhir Juli

SUARAMANADO, Washington, DC : Amerika Serikat dan China merencanakan sebuah pertemuan virtual pada minggu terakhir bulan Juli, setelah diplomat tertinggi dari kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu bertemu pada minggu lalu di sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Pejabat China telah mengusulkan agar pertemuan virtual antara Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping berlangsung pada 25 Juli, demikian menurut sejumlah sumber diplomatik yang mengetahui tentang pembicaraan anatara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Pembicaraan yang berlangsung selama lima jam itu terjadi pada Sabtu (9/7).

“Terkait Presiden Xi dan Presiden Biden, kita berharap mereka akan berkesempatan untuk berbicara dalam minggu-minggu ke depan,” kata Blinken kepada VOA ketika berlangsung konferensi pers pada Minggu di Bangkok, Thailand.

Ketika ditanya apakah Biden dan Xi kemungkinan akan melakukan pertemuan langsung mereka pada November, Blinken mengatakan, ia tidak bisa berkomentar tentang apa yang mungkin dapat terjadi pada waktu yang akan datang.

Thailand menjadi tuan rumah KTT APEC tahun ini pada 18-19 November, sementara Indonesia menyelenggarakan KTT G20 pada 15-16 November.

China baru-baru ini mengatakan kepada pemerintah Thailand bahwa Xi kemungkinan akan datang menghadiri KTT APEC jika tidak ada hambatan yang terjadi. Xi sendiri diketahui belum meninggalkan China sejak pandemi COVID-19 melanda.

Sumber : voaindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.