55 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

SUARAMANADO, Jakarta : Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-60. Saat ini masih berlangung pemulangan jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang kedua.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan, tahun ini kuota haji Indonesia berjumlah 100.051 orang. Dari jumlah itu, lebih dari 55 ribu sudah kembali ke Tanah Air. Artinya, lebih dari 50% jemaah yang sudah pulang ke Indonesia.

“Jumlah jemaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 55.473 orang. Hari ini kembali dipulangkan lagi sebanyak sembilan kloter menuju delapan Debarkasi,” kata Akhmad Fauzin, saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Menurut Fauzin, ada satu kloter yang akan menuju Debarkasi Batam/BTH dengan total 446 jemaah. Masing-masing dua kloter menuju Debarkasi Jakarta – Pondokgede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), dan Solo (SOC). Selain itu, masing-masing satu kloter menuju Debarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM), Surabaya (SUB), dan Ujungpandang (UPG). “Total sebanyak 3.613 jemaah,” ujar Fauzin.

Berkenaan update data jemaah sakit, Akhmad Faizin menyampaikan saat ini tecatat masih ada 64 jemaah sakit. Sebanyak 24 jemaah dirawat di RS Arab Saudi (RSAS), dan 40 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Jemaah wafat bertambah dua orang atas nama Saeti Jaya Sadimin, perempuan, 63 tahun, Nomor Paspor C63 34 513, kloter JKS 39, asal Embarkasi Jakarta Bekasi, dan Dyan Novi Laila, perempuan, 46 tahun, Nomor Paspor C65 93 665, kloter SUB 33, asal Embarkasi Surabaya.

“Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 83 orang,” tandas Akhmad Fauzin.

Sumber : kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.