Wamenkeu: Kemenkeu Harus Jaga Penggunaan Sistem Informasi yang Aman dan Terintegrasi

SUARAMANADO, JAKARTA : Kemajuan teknologi yang sangat pesat harus diimbangi dengan penguatan kewaspadaan dan peningkatan keamanan penggunaan sistem informasi pemerintah. Kementerian Keuangan termasuk salah satu instansi yang mengalami peningkatan signifikan dalam penggunaan sistem informasi untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengelola keuangan negara.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan bahwa penguatan keamanan sistem informasi di Kementerian Keuangan harus dilakukan untuk menjaga agar informasi dan teknologi yang digunakan tersebut aman sekaligus terintegrasi.

“Maka, saya ingin menyampaikan untuk pengelola IT Kementerian Keuangan agar melihat sistemnya secara keseluruhan, apakah memang aman kita memiliki berbagai macam aplikasi yang dibuat secara mandiri/sendiri-sendiri yang tersebar di berbagai macam kantor, apakah informasi yang masuk ke dalam aplikasi tersebut tetap aman, apakah informasi transaksi yang ada di dalam situ juga aman. Jadi saya minta untuk melihat integrasi sekaligus integritas dari sistem TIK di Kementerian Keuangan,” jelas Wamenkeu pada Webinar Keamanan Informasi, Selasa (15/03).

Selanjutnya, Wamenkeu juga menekankan mengenai keamanan dari sisi pengguna dimana pengguna harus makin bertanggung jawab terhadap penggunaan sistem informasi. Setiap kantor baik vertikal maupun pusat harus bisa melakukan pengawasan dan senantiasa mengingatkan para pegawainya agar terus menjaga keamanan sistem informasi.

“Yang berikutnya, saya juga ingin meminta kepada seluruh staf Kementerian Keuangan bahwa dalam menggunakan sistem teknologi informasi kita memiliki tanggung jawab untuk tidak menyebarkan hoax yang tidak jelas sumber dan kualitas informasinya. Hati-hati, kalau informasi itu salah maka itu menjadi fitnah. Sebaliknya, saya ingin mengingatkan kepada seluruh staf pegawai Kementerian Keuangan bahwa kita semua memiliki tugas menjadi pemersatu bangsa,” lanjut Wamenkeu.

Lebih dari itu lagi, Wamenkeu justru ingin agar jajaran pegawai Kementerian Keuangan memiliki tanggung jawab untuk menyebarluaskan informasi mengenai kinerja pengelolaan APBN sebagai suatu instrumen yang sangat penting bagi negara dalam pembangunan.

“Gunakan teknologi informasi kita untuk membangun narasi tersebut dan gunakan network kita untuk menyebarluaskan dan persatukan bangsa. Kepada seluruh pegawai staf dan karyawan Kementerian Keuangan saya minta untuk menjaga kompetensi dan menjaga kepeduliannya terhadap keamanan informasi. Kita tetap harus jaga seluruh risiko penggunaan sistem informasi dan tentu kita harus berkolaborasi bersama,” tegas Wamenkeu.

Sumber : kemenkeu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.