Tol Manado – Bitung Jawab Kerinduan Warga Sulawesi Utara

SM BITUNG. Akhirnya rampung juga pelaksanaan pembangunan jalan tol Manado Bitung secara penuh yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari sesi Satu Manado- Danowudu, dan sesi Dua Danowudu-Bitung.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini Jumat (25/2-2022) jalan Tol Kota Bitung Ruas Danowudu sepanjang 13,5 kilo meter telah rampung dan telah selesai dengan demikian seluruh jalan Tol Manado Bitung spanjang 39,8 kilo meter tuntas dan siap dimanfaatkan untuk menunjang seluruh aktifitas masyarakat di provinsi Sulawesi Utara,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Lanjut Jokowi, tadi Bapak Gubernur menyampaikan bahwa jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5-2 jam, tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut kira-kira bisa sampai 30 menit di Kota Bitung.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021 di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” katanya.

Dijelaskan Jokowi juga, jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung.

“Jalan tol ini terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus Bitung dan juga terhubung juga dengan Pelabuhan Bitung, sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita. Dan juga nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang, apabila Likupang betul-betul sudah selesai semuanya,” tukasnya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dihadapan Presiden menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mewujudkan impian warga Sulut yang telah lama untuk memiliki jalan tol. Kerinduan lama ini nanti pak Joko Widodo presiden kita saat ini yang mampu merampungkannya. Tegas Olly.(jansen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.