Menag Dukung Pelaksanaan Pekan Seni dan Olahraga PTKN

SUARAMANADO, Jakarta : Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas menerima audiensi pantia Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), di Kantor Kemenag Pusat, Jakarta, Senin (27/7/2022).

Mewakili panitia, Rektor UIN Gunung Djati Bandung Prof Mahmud, mengungkapkan bahwa kegiatan Pesona yang pertama akan dilaksanakan di UIN Bandung sebagai tuan rumah, pada awal Agustus mendatang.

“Ini merupakan pekan Olahraga dan Seni yang nantinya akan mempertemukan perguruan tinggi di bawah Kemenag. Jadi tak hanya PTKIN, namun perguruan kegamaan lainnya juga ikut serta,” ungkap Mahmud.

Kegiatan dengan tema  “Transformasi Nilai-Nilai Kebermanfaatan dalam Bingkai Kebersamaan untuk Indonesia Unggul” ini sendiri merupakan bentuk transformasi dari kegiatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (Pionir) yang biasa diselenggarakan secara rutin juga.

“Diharapkan ini menjadi ajang kompetisi yang sportif yang menunjang solidaritas antar mahasiswa, serta menjadi ajang pembinaan bagi generasi muda yang kritis, kreatif, dan inovatif,” ungkapnya.

Mahmud berharap,  kegiatan ini dapat memebrikan bekal kepada para mahasiswa dalam menghadapi kehidupan yang kompleks dan kompetitif ke depan.

Gus Men, sapaan akrab Menag Yaqut, mendukung digelarnya Persona yang pertama. Ia pun siap hadir untuk membuka dan memberi semangat bagi para mahasiswa yang berkompetisi.

“Bagi saya ini bagus bagi mahasiswa, terutama sifat kompetitif yang nantinya bisa menjadi bekal saat terjun langsung usai selesai kuliah,” kata Gus Men.

Ia juga menilai  kegiatan ini bisa memunculkan  mahasiswa-mahasiswa berprestasi di bidang selain akademik. “Sehingga masyarakat semakin yakin kepada PTKN,” ungkapnya.

Pesona rencananya akan diikuti 62 PTKN dari seluruh Indonesia. Ada 22 cabang yang dilombakan, terdiri dari 12 bidang seni dan 10 pertandingan olahraga. Di bidang seni, ada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qasidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog.

Untuk bidang olahraga ada 10 cabang pertandingan yaitu; Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (seni), Karate (Seni/Kata), Taekwondo (seni), Volley ball, Bulu Tangkis, Basket ball, Futsal, dan Panjat Tebing.

Sumber : kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.