Kesan Malam Pertama Bamsoet, Berkemah di IKN Nusantara

 

SUARAMANADO KALTIM. Cuaca di wilayah Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Senin malam (14/3/22), agak berbeda dari sebelumnya. Biasanya, hujan dengan intensitas sedang turun setiap harinya. Kali ini sejak pagi hingga malam hari, tidak ada satupun hujan yang turun menetes ke bumi.

“Cuaca sangat cerah malam tadi. Udara sejuk. Bulan bersinar dengan terang ditemani jutaan bintang di langit. Semesta seolah mendukung dan merestui dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur,” ujar Bamsoet usai bermalam dan berkemah di Titik Nol IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (15/3/22).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini menuturkan, pengalaman menginap dan berkemah di Titik Nol IKN sangat berkesan. Selain dirinya, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe juga ikut berkemah.

“Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri yang ikut berkemah sangat menikmati denyut nadi dan aura alam Ibu Kota Negara Nusantara. Bahkan, Presiden terlihat sangat santai dengan memakai sarung bermotif kotak dan jaket bermotif G20 saat bercengkrama di luar tenda,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menuturkan, sekitar pukul 22.15 WITA Presiden Joko Widodo keluar dari tenda tempatnya berkemah. Mengetahui lokasi tendanya berdekatan dengan tenda Bamsoet, Presiden Jokowi menghampiri tenda Ketua MPR RI.

“Saya dan Presiden Jokowi melakukan pembicaraan ringan. Kemudian, satu per satu menteri yang ikut berkemah di IKN keluar dari tenda masing-masing saat mendengar saya dan Presiden berbincang. Presiden Jokowi sempat berkelakar melihat Pak Basuki Hadimuljono masih mengenakan pakaian kerja. Pak Basuki malam-malam masih bekerja saja, begitu canda Presiden,” urai Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia dan Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat ini menambahkan, Presiden Jokowi dan para menteri melakukan pembicaraan santai sambil bercengkrama sambil duduk di bawah tenda sebelum akhirnya sebelum jarum jam menunjukan angka 12 dirinya bersama Presiden Jokowi dan para menteri kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

“Alhamdulillah kita bisa tidur dengan nyenyak hingga pagi hari. Walaupun dengan fasilitas tenda yang hanya tersedia tempat tidur, tanpa AC serta fasilitas lain, kita semua bisa menikmati berkemah di Titik Nol IKN Nusantara. Semoga kegiatan berkemah yang merupakan simbol awal pembangunan IKN Nusantara ini, bisa mempermudah pembangunan IKN Nusantara sesuai amanat Undang-Undang No 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara,” pungkas Bamsoet. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.