Hebat… Manokwari Tuan Rumah Dua Side Iven G20

SM MANOKWARI. Penyelenggaraan side iven pertama Women 20 (W20 ) di Desa Maen Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Propinsi Sulawesi Utara (14 s/d 16 -2/2022) menurut Reynold Kasaulija, delegasi dari Propinsi Papua Barat, adalah sangat baik dengan mengangakat Thema
“Mempromosikan kesetaraan, keselamatan, dan kesejahteraan dengan menghapus
diskriminasi dan kekerasan yang mengurangi partisipasi perempuan dalam
perekonomian”
Melalui iven ini maka masalah diskriminasi perempuan dapat dibahas dan dicarikan solusi lebih baik agar kedepan kaum perempuan bisa sejajar dengan laki-laki dalam semua segi.

Diakui Reynold, di Propinsi Papua Barat sendiri peran perempuan perlu di dorong dalam kesetaraan gender. secara umum perempuan di pedesaan masih bekerja disektor non formal hanya berkebun dan kerja sampingan lainnya.

Maka diharapkan lewat side iven W20 ini dapat mengangkat derajat perempuan Papua ketingkat Nasional dan Internasional lewat berbagai terobosan kaum perempuan Papua, diharapkan juga hasil dari pelaksanaan kegiatan ini dapat menuju pengarusutamaan kesetaraan gender dan
pemberdayaan perempuan untuk diwujudkan dalam Deklarasi Para Pemimpin Presidensi G20
2022.

Setelah side ivent pertama W20 di Sulawesi Utara, kemudian side iven kedua W20 di Kota Batu Malang Jawa Timur, maka Propinsi Papua Barat mendapat kehormatan menjadi tuan rumah side iven ketiga W20 di Manokwari, Kabupaten Manokwari. Puncak event W20 dilaksanakan di Parapat Propinsi Sumatra Utara sebelum G20 Summit di Bali nanti. Jelas Reynold.

Ditambahkannya, side ivent ketiga W20 di Manokwari Propinsi Papua Barat, dijadwalkan pada Mei 2022 nanti. Thema yang diangkat : Perempuan Pedesaan, Disabilitas Perempuan dan UMKM untuk pengembangan ekonomi,

Untuk persiapan W20 di Manokwari pihaknya sangat siap menyambut semua peserta baik dalam dan luar negeri. Sehingga pada kesempatan ini datang beberapa bidang sebagai tim panitia untuk berkordinasi dengan tim sherpa W20. Sekaligus menggali pengalaman untuk pelaksanaan W20 di Manokwari kedepan.

Direncanakan W20 di Manokwari nantinya akan dibuka Gubernur Papua Barat. Hingga saat ini ada 100 orang peserta dalam negeri, diluar peserta asal Papua Barat sendiri, kemudian akan hadir utusan 5 delegasi luar negeri. Untuk diketahui, selain side iven W20, juga akan dilaksanakan Youth 20 (Y-20) pada bulan Juni nanti yang merupkan bagian dari engagement G20, jadi akan ada Dua side iven di Manokrari. Tutup Reynold. (jansen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.