Drama Apik Munculnya Jerry Sambuaga Jadi Calon Tunggal Ketum AMPI

 

 

SUARAMANADO. BANDUNG. Forum Musyawarah Nasional (Munas IX) Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Senin (7/3/22) dengan suara bulat memilih Jerry yang juga Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) sebagai Ketua Umum (Ketum) DPP AMPI periode 2022-2027.

Dilansir dari Benderanews.com (7/3-2022), Terpilihnya Jerry Sambuaga dikarenakan politisi Partai Golkar itu ditetapkan sebagai calon tunggal, sebab calon yang sebelumnya mendaftar sebagai calon Ketua Umum DPP AMPI periode 2022-2027, Dito Ariotedjo mengundurkan diri.

Seusai ditetapkan sebagai Ketua Umum DPP AMPI terpilih periode 2022-2027, Jerry Sambuaga dalam sambutannya mengapresiasi kepanitiaan Munas IX AMPI yang telah menyelenggarakan acara dengan baik.

Dia juga memuji kepemimpinan Ketua Umum DPP AMPI periode 2016-2021, Dito Ariotedjo yang dianggapnya telah berhasil membawa AMPI sebagai organisasi kepemudaan di Partai Golkar di level nasional.

“Ini adalah perjuangan kita bersama. Selanjutnya ke depan kita semua akan melanjutkan apa yang telah dicapai oleh kepemimpinan sebelumnya dan menyempurnakan apa yang sudah berjalan,” kata Jerry Sambuaga, putra politikus senior Partai Golkar, Theo L Sambuaga, yang juga pernah dua kali menjabat menteri.

Ia juga melihat dinamika yang berjalan di Munas IX AMPI merupakan sebuah keniscayaan dalam sebuah organisasi. Meski demikian, dinamika dan perbedaan dalam Munas tersebut pada akhirnya ialah sebuah kesepakatan yang bisa diterima oleh semua peserta Munas.

“Dinamika dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa. Apalagi dalam sebuah organisasi sebesar AMPI. Yang terpenting saat ini adalah kita semua bersatu membangun AMPI sekaligus memenangkan Partai Golkar di Pemilu,” ujar Jerry yang sempat juga menjadi Waketum DPP Gerakan Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP), dan kini masih didaulat sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar di organisasi perjuangan Merah Putih tersebut.

Seperti diketahui, Munas AMPI IX ini secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Minggu (6/3/22), yang diwakili oleh Menpora Zainudin Amali. Munas juga dihadiri Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Anggota Wantimpres HR Agung Laksono.

Presiden Joko Widodo berharap Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ikut membantu pemerintah dalam upaya penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menciptakan narasi-narasi positif di tengah masyarakat. AMPI juga diharapkan mampu melahirkan pemikiran-pemikiran inovatif di berbagai bidang kehidupan.

“Saya hadir di Munas AMPI ini mewakili Presiden Joko Widodo. Presiden pesan tidak hanya konsentrasi urusan politik semata, tetapi dalam Munas AMPI ini lahir pemikiran-pemikiran inovatif di berbagai bidang kehidupan lainnya. Sekaligus kader-kader AMPI membantu pemerintah dalam penanganan Pandemi Covid-19,” kata Menpora Amali.

Di tempat yang sama, Gubernur Ridwan Kamil mengapresiasi penyelenggataan Munas AMPI yang dinilai kreatif dan mewakili kepemudaan dan roh kebangsaan.

“Jangan jadi pemuda yang bertengkar karena hal-hal sepele. Jadilah pemuda yang peduli bukan pembully. Semoga munas ini berjalan lancar dan terpilih kepemimpinan yang baik ke depannya,” tambahnya.

Dalam perjalanannya, Munas IX AMPI yang akan memilih Ketua Umum DPP AMPI periode 2022-2027 diikuti oleh tiga orang bakal calon ketua umum.

Namun setelah proses penjaringan dan verifikasi Panitia Munas IX, hanya ada satu calon yang lolos sebagai calon ketua umum, yakni Dito Ariotedjo.

Namun, setelah ditetapkan sebagai calon ketua umum, Dito Ariotedjo menyatakan tidak melanjutkan pencalonannya.

Sesudah Dito Ariotedjo menyatakan tidak melanjutkan pencalonannya, pimpinan Sidang Munas IX AMPI yang dipimpin Risman Pasigai menawarkan kepada peserta Munas siapa yang akan mencalonkan diri sebagai Ketua Umum DPP AMPI.

Lalu, Jerry Sambuaga sebagai peserta Munas maju sebagai calon tunggal dan langsung ditetapkan secara aklamasi.

Dalam pidatonya, Dito Ariotedjo mengatakan, meski sudah tidak lagi memimpin AMPI, ia akan terus berjuang bersama AMPI dan Partai Golkar. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh DPD-DPD AMPI seluruh Indonesia yang telah bersamanya membesarkan AMPI selama ini.

“Terima kasih buat kawan-kawan AMPI seluruh Indonesia dalam kiprahnya selama ini. Kita harus terus bersama membangun AMPI,” kata Dito Ariotedjo.(jansen)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.