AS Tolak Rencana Polandia Kirim Jet untuk Ukraina via Jerman

SUARAMANADO.COM : Jakarta — Amerika Serikat menolak gagasan Polandia mengirimkan jet tempur untuk membantu Ukraina melalui transfer ke pangkalan di Jerman. Menurut AS, rencana itu berbahaya.
Juru bicara Kementerian Pertahanan AS, John Kirby, menyatakan penolakan tersebut setelah mendengar rincian rencana yang diajukan Polandia.

Berdasarkan rencana itu, Polandia akan mengirimkan seluruh jet MiG milik mereka ke pangkalan militer AS di Jerman. Setelah itu, AS diminta untuk mengirimkannya ke Ukraina.

Kirby mengatakan, menerbangkan jet dari pangkalan AS di negara NATO ke wilayah udara yang bersinggungan dengan Rusia “meningkatkan kekhawatiran serius untuk seluruh aliansi NATO.”

“Kami akan terus berkonsultasi dengan Polandia dan sekutu lain kami di NATO mengenai masalah ini dan kesulitan tantangan logistiknya, tapi kami meyakini gagasan Polandia ini tak bisa dijalankan,” ujar Kirby, seperti dilansir AFP, Selasa (8/3).

Beberapa hari belakangan, AS memang sedang terus memutar otak untuk menyediakan jet tempur bagi Ukraina, terutama setelah Presiden Volodymyr Zelensky berbicara dengan anggota parlemen Negeri Paman Sam akhir pekan lalu.
Dalam perbincangan itu, Zelensky mendesak AS untuk segera mengirimkan bantuan jet tempur karena Rusia masih terus menggempur Ukraina.

Namun, masalah pengiriman jet ke Ukraina sangat pelik karena AS harus memikirkan agar tak memicu konflik langsung dengan Rusia. AS pun terus menggodok sejumlah skenario.
Salah satu skenario itu adalah mengirimkan F-16 AS ke negara-negara sekitar Ukraina yang kini sudah menjadi anggota NATO. Setelah itu, negara tersebut mengirimkan jet MiG era Soviet yang dapat dikendarai oleh pilot Ukraina.

Skema ini akhirnya diadopsi Polandia. Mereka siap mengirimkan seluruh jet tempur MiG mereka ke pangkalan udara AS di Jerman. Namun, mereka meminta AS segera mengirimkan jet tempur penggantinya ke Polandia.

Meski demikian, AS menyatakan bahwa Polandia mengumumkan rencana itu tanpa konsultasi terlebih dulu mengenai detail pengiriman ke Ukraina.

Sumber : cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.