Semarakkan HLUN ke-26, Sentra Terpadu Soeharso dan Sentra Meohai Berikan Layanan Lansia di Tasikmalaya

SUARAMANADO, Tasikmalaya : Sukses peringatan Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022 di Tasikmalaya, tak lepas dari peran semua pihak. Baik pemerintah pusat maupun unsur-unsur pemerintah daerah, memberikan kontribusi terbaiknya.

Tak terkecuali peran penting juga datang dari sentra-sentra milik Kemensos. Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta bersama kader, muspika, pendamping PKH dan para TKSK, hadir memberikan layanan di Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya kepada 350 lansia.
 
D sini, lansia mendapatkan layanan kesehatan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan tensi, pemeriksaan kesehatan dan konseling. “Para lansia juga mendapatkan paket bantuan sosial berupa sembako, nutrisi, sandang dan alat mobilitas. Acara juga dimeriahkan penampilan Degung Tasikmalaya,” kata Ptl Kepala Sentra Terpadu Prof DR Soeharso, Triyanto (01/06).
 
Selain itu, disalurkan juga bantuan sosial total 266 paket, dengan rincian 168 paket sembako, 40 paket nutrisi, 45 paket sandang dan 23 alat bantu seperti alat bantu dengar, kursi roda lansia di 8 (delapan) desa di Kecamatan Sariwangi dengan total bantuan Rp148.000.000.
 
“Sebelumnya tim kami telah  mendampingi lansia dalam pemeriksaan audimetri para lansia yang akan mendapatkan alat bantu dengar di Tasik Hearing Center Kota Tasikmalaya,” Triyanto menambahkan.
 
Bantuan juga datang dari Direktorat Pemberdayaan Sosial yaitu bantuan kewirausahaan pakan ternak ikan sebesar Rp. 58.000.000 dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi lansia tunggal miskin, yakni Samyi di Desa Linggasirna senilai Rp20.000.000. 
 
Samyi mendapatkan bantuan paket perlengkapan rumah yang direnovasi. Bantuan terdiri dari kasur, lemari, kompor, gas, rak, piring dan sebagainya serta bantuan sandang berupa baju, sarung, celana dan kopiah.
 
Tutut berkiprah dalam acara tersebut adalah Sentra Meohai yang memusatkan kegiatannya di Kecamatan Ciawi. Di sini, Sentra Meohai menyalurkan berbagai bantuan bantuan Atensi kepada masyarakat yanf yang tinggal di 11 desa di Kecamatan Ciawi. 
 
Bantuan Atensi didistribusikan kepada 200 lansia di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, berupa 200 paket sembako, 10 Alat Bantu Dengar (ABD), 20 buah kacamata baca, 5 kursi roda, 10 tripod alat bantu jalan, 4 walker dan 5 paket bantuan wirausaha.
 
Usai menerima bantuan, Mak Edah 90 tahun, asal Desa Bugel menuturkan terima kasih atas bantuan paket sembako yang diberikan kepada ibunya yang tidak dapat berjalan. 
 
“Terima kasih untuk bantuan sembako dari Kemensos karena sangat kami dan keperluan ibu saya. Insya Allah bantuan yang diberikan sangat bermanfaat,” ujar anak Mak Edah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.