Prioritaskan Disabilitas, Kemensos dan Kemkominfo Kembali Berkolaborasi

SUARAMANADO, Cimahi : Setelah sukses dengan rangkaian kegiatan Pelatihan Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada awal Juni yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) wilayah Jawa Barat dan Kementerian Sosial melalui Sentra Abiyoso Cimahi kembali bersinergi menghadirkan kegiatan serupa untuk angkatan ke-5, 6, dan 7 dari 6-8 Juli 2022. Bertempat di Gedung Pertemuan Sentra Abiyoso, kegiatan kali ini diikuti 60 peserta penyandang disabilitas sensorik netra (PDSN) yang dibagi dalam tiga kelompok yang terdiri atas 20 peserta untuk tiap kelompok.

Penanggung jawab harian kegiatan ini, Ammy Rakhmiati dari pihak BPSDM Kominfo Bandung mengaku sangat terbantu dengan kolaborasi dengan Sentra Abiyoso. “Dari empat angkatan sebelumnya, kami menganggap kegiatan ini sukses sehingga kami tetap memilih berkolaborasi dengan Sentra Abiyoso untuk angkatan kelima, keenam, dan ketujuh ini,” ungkap Ammy.

Bahkan menurutnya, tahun depan Kominfo akan kembali melaksanakan kegiatan serupa dengan terus memprioritaskan kalangan penyandang disabilitas. “Saya mewakili BPSDM Kominfo Bandung berharap agar kolaborasi ini tetap berlanjut karena tahun depan rencananya kami masih akan menyasar masyarakat dari kalangan disabilitas.”

Salah seorang peserta, Iden Wahidin menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Diakuinya bahwa kemampuan penyandang disabilitas di Jawa Barat dalam bidang TIK belum merata sehingga kegiatan semacam ini perlu terus dilaksanakan.

“Pemerintah memang seharusnya menjadi pelopor pembinaan masyarakat, khususnya dalam bidang literasi bagi tunanetra, jadi saya anggap kegiatan ini sudah sesuai.”

Iden juga menyampaikan harapannya agar untuk selanjutnya kegiatan semacam ini diberi durasi yang lebih sehingga manfaat yang diperoleh lebih optimal.

Harapan pun diutarakan oleh Kepala Sentra Abiyoso, Agung Hendrawan bahwa kegiatan ini seyogianya dapat memberi manfaat sangat luas bagi kawan-kawan disabilitas.

“Adanya kerjasama antara BPSDM Kominfo Bandung dengan Sentra Abiyoso, merupakan kesempatan emas bagi saudara-saudara kita untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan ilmu di bidang TIK. Dengan pendampingan oleh para instruktur yang handal dan berkompeten dibidangnya, semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan diaplikasikan di kehidupan sehari-hari,” kata Agung.

Agung juga mengarahkan agar para peserta tetap meningkatkan kapasitas diri dalam bidang IT.

“Saya berharap untuk saudara-saudara kita ini, tidak berpuas diri hanya dengan ilmu yang didapat saat pelatihan ini. Semoga mereka terus belajar agar semakin handal dalam bidang IT,” pungkas Agung.

Sumber : kemensos.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.