Lomba IGA Kota Kotamobagu Tahun 2022 Resmi Ditutup, Pemenang Lomba Diumumkan

SUARAMANADO, Kotamobagu : Pelaksanaan kegiatan lomba inovasi daerah Innovative Government Award (IGA) Kota Kotamobagu (KK) tahun 2022 selama sepekan telah mencapai tahap akhir dan menghasilkan pemenang. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu yang diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Adnan Massinae, S.Sos.,M.Si. secara resmi menutup rangkaian pelaksanaan kegiatan lomba inovasi daerah tersebut dan selanjutnya mengumumkan para pemenang lomba IGA, hari ini Jumat (20/05/2022) secara virtual melalui zoom meeting.

Adnan mengharapkan dengan pelaksanaan kegiatan IGA tahun 2022, indeks inovasi daerah dan indeks daya saing daerah dapat meningkat. “Kedepan kiranya akan semakin banyak masyarakat maupun perangkat daerah yang ikut menciptakan inovasi yang bermanfaat dilingkungannya, memberi kemudahan dan meningkatkan akses pelayanan publik.” Ungkap Adnan.

Selain itu, Dr. Herri Saksono, M.Si. selaku Ketua Tim Juri IGA tahun 2022 yang berasal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan apresiasi bagi pemerintah Kota Kotamobagu yang telah melaksanakan lomba IGA untuk ke-3 kalinya. Pelaksanaan lomba tahun ini juga melibatkan semakin banyak pihak sehingga terjadi kolaborasi antar aktor inovasi baik pemerintah, swasta dan masyarakat. Harapannya konsep menuju “innovation hub” yang sedang dijalankan Pemerintah Kota Kotamobagu dapat berjalan sesuai rencana.

Pihak Bappelitbangda kemudian mengumumkan para pemenang IGA-KK tahun 2022 berdasarkan 2 kategori, perangkat daerah dan umum. Untuk Kategori Perangkat Daerah, juara 1 dimenangkan oleh Dinas Pendidikan dengan judul inovasi Sistem Informasi Supervisi Pendidikan. Juara 2 oleh Bappelitbangda dengan judul inovasi KOTABISA (Kotamobagu Bersih, Indah, Sanitasi Aman) dan juara 3 dimenangkan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dengan judul inovasi SIDASI (Sistem Informasi Perdagangan Koperasi dan UKM).

Sedangkan Kategori Umum, juara 1 dimenangkan oleh Edmond Komansilan dengan judul inovasi Fish Auto Feeder and Farm Management, juara 2 kelompok Mahasiswa Pejuang Muda Kotamobagu denga judul inovasi  “Taluy-Jo” Platform aplikasi teknologi (nonprofit) penunjang marketing UMKM berbasis EUP (usaha ekonomi produktif) untuk para KPMDTKS dan seluruh pelaku UMKM, dan juara 3 dari SMP Negeri 3 Kotamobagu dengan judul inovasi Modification or Generation of Chopper.

Menurut Kepala Bidang Litbang Liskawati Mokodmpit, S.Pi. setiap pemenang lomba akan mendapatkan hadiah. “Bagi kategori perangkat daerah akan mendapatkan hadiah hiburan, piagam penghargaan dari Wali Kota dan plakat. Khusus kategori umum, pemenang akan diberikan uang pembinaan” ujar Liskawati.

Ketua Unsur Pelaksana Reins Herry Tangkowit, SE. MSA. menambahkan pihak Pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulut dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulut, serta pihak sponsor Bank BRI Cabang Kotamobagu, Paris Super Store, PT. J-Resources Bolaang Mongondow (JRBM), Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Bank Sulutgo dan Toko Sinar Bogani.

Berikut Daftar Pemenang Lomba IGA-KK Tahun 2022 Kategori Umum:

  1. Edmond Komansilan – Fish Auto Feeder And Farm Management
  2. Mahasiswa Pejuang Muda Kotamobagu – “Taluy-Jo” Platform aplikasi teknologi (nonprofit) penunjang marketing UMKM berbasis EUP (usaha ekonomi produktif) untuk para KPMDTKS dan seluruh pelaku UMKM
  3. SMP Negeri 3 Kotamobagu – Modification or Generation of Chopper
  4. MTS Negeri 1 Kotamobagu – Mobil Robot Pakan Ternak
  5. Muhamad Refi, Arief Muhamad, Deisy Rahmawati, dan Abdul Rahmat – Biskuit Tokang (Toya’ Cakalang) Untuk Pencegahan Stunting Bagi Ibu Hamil
  6. Ibu Ibu RT-24 Kelurahan Gogagoman – Merajut Keberagaman Pola Pikir Anggota Dalam Pengembangan Jaringan Usaha di Kota Kotamobagu

 

Kategori Perangkat Daerah:

  1. Dinas Pendidikan – Sistem Informasi Supervisi Pendidikan
  2. Bappelitbangda – KotaBisa (Kotamobagu Bersih, Indah, Sanitasi Aman)
  3. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM – SIDASI (Sistem Informasi Perdagangan, Koperasi dan UKM)
  4. Dinas Ketahanan Pangan – “PETANG” (Pengembangan Tepung Pisang Goroho)
  5. Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman – E-Pantau PJU kotamobagu (Elektronik Pantau Penerangan Jalan Umum Kota Kotamobagu)
  6. Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan – Pelayanan Cuti Dan Pemberian Kenaikan Gaji Berkala Online Berbasis Web

Sumber : kotamobagu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.