Komitmen Tuntaskan Penyelesaian Konflik Pertanahan, Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Sumatra Utara

SUARAMANADO, Jakarta : Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatra Utara. Ia tiba di Bandar Udara Internasional Kualanamu pada Senin (11/07/2022) malam. Salah satu tujuan dari kunjungan kali ini, yaitu menuntaskan penyelesaian konflik pertanahan dengan memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum di Provinsi Sumatra Utara.

Mengawali agenda hari ini, Selasa (12/07/2022), Menteri ATR/Kepala BPN akan mengunjungi beberapa lokasi sengketa dan konflik pertanahan di Sumatra Utara, di antaranya Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. Pada kesempatan ini, Hadi Tjahjanto melihat secara langsung kondisi existing dari lahan yang berkonflik.

Adapun lokasi kedua yang akan dikunjungi, yakni Kabupaten Deli Serdang tepatnya di Kelurahan Simalingkar. Pada lokasi ini, Menteri ATR/Kepala BPN akan meninjau lahan Hak Guna Usaha (HGU) atas nama PT Perkebunan Nusantara II yang berkonflik dengan masyarakat setempat.

Agenda akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kota Medan. Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN akan meninjau loket layanan dan ruang warkah, serta melakukan dialog dengan masyarakat pemohon yang hadir. Hadi Tjahjanto juga akan melihat langsung sejumlah inovasi yang dilakukan Kantor Pertanahan Kota Medan dalam rangka mewujudkan layanan prima kepada masyarakat.

Mengakhiri kunjungan di Sumatra Utara kali ini, Menteri ATR/Kepala BPN akan bertolak ke Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara. Hadi Tjahjanto dalam kesempatan ini rencananya akan melakukan perkenalan serta pengarahan kepada seluruh jajaran di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Utara terkait dengan pelaksanaan program strategis, khususnya pendaftaran tanah dan penyelesaian konflik pertanahan.

Sumber : atrbpn.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.