KKP Bagikan 2 Ton Ikan Jelang Hari Anak Nasional

SUARAMANADO, Jakarta : Jelang peringatan Hari Anak Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan 2 ton ikan sehat bermutu untuk 2.000 anak. Menggandeng Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), ikan-ikan tersebut akan didistribusikan ke 7 titik di kawasan Jabodetabek dan menjadi rangkaian Bulan Mutu Karantina (BMK) 2022.

“Ikan sehat bermutu kita bagi dan kita distribusikan bareng teman-teman Kemen PPPA ke 7 lokasi,” kata Kepala Standardisasi dan Sistem Kepatuhan (SSK), Teguh Samudro usai penyerahan simbolis di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/7/2022).

Teguh mengungkapkan, pembagian ikan sehat bermutu menyasar anak-anak yang memerlukan perlindungan khusus. Selain di Bantargebang, ikan-ikan ini juga didistribusikan ke KLPA Jakarta, Kampung Pemulung Cinere, Depok, dan Sekolah Darurat Kartini Ancol.

Kemudian ada juga yang dibagikan ke Kebon Sastra Bogor, LKPA Tangerang dan lingkungan sekitarnya, Rumah Yatim Piatu Raudhotul Hikma, Yayasan Ukhwah Sosial Lestari, dan anak-anak di lingkungan Kemen PPPA.

Dalam kesempatan ini, Teguh menyebut anak-anak yang memerlukan perlindungan khusus termasuk sebagai kelompok yang rentan. Karenanya, dia mengapresiasi kegiatan yang digelar bersama Kemen PPPA ini sebagai langkah konkret untuk mengingatkan publik pentingnya asupan protein dari ikan sehat bermutu.

“Kita ingin di Hari Anak Nasional, jadi momen spesial untuk mengingatkan, khususnya mereka tentang pentingnya mengonsumsi ikan sehat bermutu sekaligus bagi masyarakat umum untuk turut memperhatikan mereka,” jelasnya.

Sementara Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengapresiasi langkah konkret KKP dalam upaya melawan stunting. Terlebih di tahun ini, jumlah distribusi ikan meningkat 100% dibanding tahun lalu.

Jika sebelumnya 1 ton ikan yang dibagikan jelang Hari Anak Nasional, tahun ini menjadi 2 ton ikan.

“Terima kasih untuk KKP. Selain itu ada olahan ikan juga dari (program) Gemarikan,” ujar Bintang.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pernah membagikan bantuan berupa 1 ton ikan kembung di Bantargebang, Bekasi. Bantuan itu untuk meningkatkan konsumsi ikan di masa pandemi COVID-19. Menteri Trenggono mengapresiasi semangat warga Bantargebang yang tetap produktif di masa pandemi.

Sumber : kkp.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.