Rencana Induk Pengembangan DTW Air Terjun Teka’an Telu

SUARAMANADO, Tomohon: Setelah menerima Masterplan ini, Pemerintah Kota Tomohon akan fokus pada pembangunan dan pengembangan fasilitas pendukung di sekitar DTW Air Terjun Teka’an Telu.

Selain itu Pemerintah Kota Tomohon akan berkolaborasi dengan sektor swasta terutama dalam hal pengelolaan fasilitas wisata dan promosi.

Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang tetap konsisten mendukung dan memfasilitasi upaya-upaya pemerintah Kota Tomohon dalam pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata di Kota Tomohon.

Masterplan atau Rencana Induk Pengembangan DTW Air Terjun Teka’an Telu ini merupakan panduan strategis dalam pengembangan atraksi, infrastruktur, promosi dan pemasaran, pengembangan sumber daya dan pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah Kota Tomohon menerima Masterplan Pengembangan DTW (Daya Tarik Wisata) Air Terjun Tekaan Telu.

Masterplan ini diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan diterima oleh Pjs Walikota Tomohon Ir. Fereydy Kaligis, MAP, pada hari Senin, 14 Oktober 2024, bertempat di Balairung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Salah satu langkah konkrit yang telah kami rencanakan adalah mendorong investasi swasta untuk membangun Amenitas, penginapan, fasilitas rekreasi dan area komersil, termasuk memfungsikan Resting Area yang berada di sekitar Teka’an Telu dengan memastikan pengembangan tersebut tetap ramah lingkungan, ramah penyandang disabilitas dan lansia, serta berkelanjutan. Pengembangan DTW Air Terjun Teka’an Telu merupakan bagian juga dari pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Likupang dimana Tomohon menjadi Key Tourism Area (KTA) Provinsi Sulawesi Utara Masterplan Pengembangan DTW Air Terjun Teka’an Telu disusun oleh Tenaga Ahli dari Universitas Sam Ratulangi Manado dan Universitas De La Salle Manado

Sumber: tomohon.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *