Cegah Perkawinan Usia Anak, Dinas PPKBPPPA Bolsel Gelar Sosialisasi kepada Pelajar dan Masyarakat

SUARAMANADO, Bolsel: Dinas PPKBPPPA Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak melaksanakan giat Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak yang digelar di SMP N 1 Bolaang Uki, Kamis (19/9/2024).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas PPKBPPPA Dra. Suhartini Damo ME dengan menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Ketua Pengadilan Agama Bolaang Uki Nur Ali Reanhoat SAg, MH, Tenaga Kesehatan RSUD Bolsel Bidan Selpian Deowali SSt,MKes, Psikolog klinis Indri Paputungan MPsi.

Selain para narasumber tersebut hadir pula Kapolsek Bolaang Uki, Kanit PPA Polres Bolsel, Camat Bolaang Uki, Sangadi Molibagu, para perangkat daerah yang bermitra dalam penanganan perlindungan anak, Kepala SMA N 1 Bolaang Uki, Kepala SMP N 1 Bolaang Uki serta perwakilan pelajar dari SMA dan SMP Bolaang Uki.

Menurut Kadis Suhartini, tujuan dari kegiatan adalah untuk mewujudkan perlindungan anak dan menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan

“Melalui sosialisasi ini pula diharapkan dapat mencegah terjadinya tindakan kekerasan dalam rumah tangga, mencegah putus sekolah dan mewujudkan wajib belajar 12 tahun dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menurunkan angka kemiskinan, serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” jelas dia menambahkan.

Sumber: bolselkab.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *